-->

Analisa Perbandingan Gerakan Ponton Model Tripod Sama Kaki dengan Siku-Siku untuk Energi Gelombang Sistem Bandulan


Analisa Perbandingan Gerakan Ponton Model Tripod Sama Kaki dengan Siku-Siku untuk Energi  Gelombang Sistem Bandulan

Metodologi Penelitian:
                Dalam jurnal ini di bahas tentang Analisa Perbandingan Gerakan Ponton Model Tripod Sama Kaki dengan Siku-Siku untuk Energi  Gelombang Sistem Bandulan. Model ponton yang digunakan untuk membuat ponton model tripod adalah ponton segidelapan dengan ukuran tinggi 20 cm, panjang diameter lingkaran dalam segidelapan 30 cm, dan kemiringan lambung 45° [8].  Ponton model tripod yang diteliti, geometrinya terdiri dari tiga buah ponton segidelapan yang dihubungkan dengan membentuk pola segitiga sama kaki dan siku-siku. Panjang sisi segitiga sama kaki dengan untuk sisi yang sejajar  masing – masing adalah 80 cm dan sisi terpanjang 110 cm, adapun untuk panjang diagonal, lebar, dan tinggi untuk ponton tripod siku-siku adalah 100 cm, 80 cm, dan 60 cm.
                Dalam penelitian ini data lingkungan yang digunakan diantaranya adalah, jenis gelombang regular, kedalaman perairan 1 meter, tinggi gelombang 11.5 cm (dengan variasi periode gelombang 10 s, 12 s, 14 s dan 16 s), dan periode gelombang 8 detik (dengan variasi tinggi gelombang 5 cm, 8,5 cm, 10 cm, dan 11,5 cm). Pengujian alat dibatasi pada ukuran dimensi towing tank,  dengan titik nol model pada titik pusat segitiga sama kaki dan sigitiga siku-siku dan tepat pada garis air (90 cm dari base line).

Hasil Yang Diperoleh:
                Dari data hasil percobaan didapatkan nilai motions maksimal bandul pada ponton tripod siku-siku pada tinggi gelombang 11.5 cm. Nilai gerakan terendah adalah 13 n pada periode gelombang 10 s. Nilai gerakan tertinggi adalah 20 n pada periode gelombang 16 s. Sedangkan nilai simpangan terjauh adalah 65° pada periode gelombang 14 dan 16 s. Nilai simpangan terkecil adalah 45° pada periode gelombang 12 s.
                Dari data hasil percobaan didapatkan nilai motions pendulum pada ponton tripod siku-siku pada periode gelombang 8 s. Nilai gerakan terendah adalah 8 n pada tinggi gelombang 5 cm. Nilai gerakan tertinggi adalah 12 n pada pada tinggi gelombang 10 dan 11.5 cm. Sedangkan nilai simpangan bandul terjauh adalah 60° pada tinggi gelombang 11.5 cm. Nilai simpangan terendah adalah 5° pada tinggi gelombang 5 cm.
                Dari data hasil percobaan didapatkan nilai motions maksimal bandul pada ponton tripod sama kaki pada tinggi gelombang 11.5 cm. Nilai gerakan terendah adalah 12 n pada periode gelombang 10 s. Nilai gerakan tertinggi adalah 19 n pada periode gelombang 16 s. Sedangkan nilai simpangan terjauh adalah 81° pada periode gelombang 16 s. Nilai simpangan terkecil adalah 60° pada periode gelombang 10 s.
                Dari data hasil percobaan didapatkan nilai motions pendulum pada ponton tripod sama kaki pada periode gelombang 8 s. Nilai gerakan terendah adalah 7 n pada tinggi gelombang 5 cm. Nilai gerakan tertinggi adalah 10 n pada pada tinggi gelombang 8.5, 10 dan 11.5 cm. Sedangkan nilai simpangan bandul terjauh adalah 50° pada tinggi gelombang 11.5 cm. Nilai simpangan terendah adalah 10° pada tinggi gelombang 5 cm.

Video alat-alat kimia dapat di lihat di link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=vhOpIrUjdw0

0 Response to "Analisa Perbandingan Gerakan Ponton Model Tripod Sama Kaki dengan Siku-Siku untuk Energi Gelombang Sistem Bandulan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel