-->

Pengaruh Elevasi Muka Air Laut pada Koefisien Transmisi dan Refleksi Composite Breakwater


Pengaruh Elevasi Muka Air Laut pada Koefisien Transmisi dan Refleksi Composite Breakwater


Metodologi Penelitian:
                Dalam jurnal ini di bahas tentang Pengaruh Elevasi Muka Air Laut pada Koefisien Transmisi dan Refleksi Composite Breakwater. Dalam merancang model fisik composite breakwater harus dilakukan semaksimal mungkin agar bisa mewakili karakteristik dari prototipe yang sebenarnya. Perancangan model fisik perlu memperhatikan beberapa hal yang meliputi skala panjang dan skala berat.
Model yang akan diuji disusun dengan variasi elevasi muka air laut dan peredam composite breakwater yang telah ditentukan dengan variasi tinggi gelombang (H) dan periode gelombang (T). Dalam percobaan akan dibagi berdasarkan beberapa konfigurasi, untuk konfigurasi 1 diketahui memiliki tinggi elevasi muka air laut 80 cm dengan ketinggian peredam 40 cm, untuk konfigurasi 2 tinggi elevasi muka air laut 80 cm dengan tinggi peredam 60 cm, konfigurasi 3 memiliki tinggi elevasi muka air laut 80 cm dengan tinggi peredam 80 cm, untuk konfigurasi 4 memiliki tinggi elevasi muka air laut 85 cm dengan tinggi peredam 40 cm, konfigurasi 5 memiliki
tinggi elevasi muka air laut 85 cm dengan tinggi peredam 60 cm, konfigurasi 6 memiliki tinggi elevasi muka air laut 85 cm  dengan tinggi perdam 80 cm, untuk konfigurasi 7 tinggi elevasi muka air laut 90 cm dengan tinggi peredam 40 cm, konfigurasi 8 tinggi elevasi muka air laut 90 cm dengan tinggi peredam 60 cm dan terakhir konfigurasi 9 tinggi elevasi muka air laut 90 cm dengan ketinggian peredam 80 cm.

Hasil Yang Diperoleh:
                Hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap pengaruh elevasi muka air, diketahui bahwa yang memiliki nilai koefisien transmisi paling kecil untuk kedalaman 80 cm adalah pada konfigurasi 2 dengan nilai sebesar 0,387, untuk kedalaman 85 cm adalah pada konfigurasi 4 dengan nilai sebesar 0,432 dan untuk kedalaman 90 cm adalah pada konfigurasi 7 dengan nilai sebesar 0,512. Dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien transmisi paling baik untuk pengaruh elevasi muka air adalah pada konfigurasi 2 karena memiliki nilai K paling kecil. Jadi semakin rendah elevasi muka air lautnya maka semakin baik bagi composite breakwater untuk meredam gelombang.
                pengaruh ketinggian peredam (kantong pasir), dapat diketahui bahwa pada ketinggian kantong pasir 40 cm yang paling baik adalah pada konfigurasi 1, sedangkan pada ketinggian kantong  pasir 60 cm yang paling baik adalah pada konfigurasi 2, dan terakhir pada ketinggian kantong pasir 80 cm yang paling baik adalah pada konfigurasi 3. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ketinggian peredam yang paling baik adalah pada tinggi peredam 40 cm yaitu pada konfigurasi 1.


0 Response to "Pengaruh Elevasi Muka Air Laut pada Koefisien Transmisi dan Refleksi Composite Breakwater "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel