-->

Perancangan Konstruksi Turbin Angin di Atas Hybrid Energi Gelombang Laut


Perancangan Konstruksi Turbin Angin di Atas Hybrid Energi Gelombang Laut


Metodologi Penelitian:
                Dalam jurnal ini di bahas tentang Perancangan Konstruksi Turbin Angin di Atas Hybrid Energi Gelombang Laut. Dari data yang sudah ada maka untuk blade dari turbin angin ini hanya digambarkan permodelan dengan asumsi sebagai pelat strip bukan foil tetapi pada kondisi sebenarnya bentuk blade yaitu foil dengan mempertimbangkan aerodinamis dari turbin angin itu sendiri. Sedangkan untuk penggambaran bentuk blade yang foil dapat dilakukan dengan menggunakan software lain. Jadi disini hanya dibuat untuk asumsi dari penggambaran perancangan untuk melengkapi desain turbin angin ini.
                Setelah dilakukan pembuatan model yang sudah digabungkan menjadi satu seperti diatas maka langkah selanjutnya yaitu melakukan simulasi dengan Solidwork. Material yang di pakai yaitu ASTM A36 dengan Grade A 36. Untuk perancanganturbin angin ini dipilih fixed geometry yang ditempatkan pada pondasi pada turbin angin. Penentuan gaya yang bekerja pada turbin angin untuk dilakukan simulasi yaitu terlebih dahulu menghitung gaya sentripetal yang terjadi pada salah satu blade. Jadi gaya atau beban yang akan diberikan pada satu baling baling yaitu sebesar 655 N yang akan didistribusikan merata pada baling-baling turbin angin yang sudah di buatkan model. Sedangkan untuk beban yang mengarah kebawah yaitu dipengaruhi oleh berat dari genset yang nantinya akan terpasaang di bagian atas konstruksi turbin angin. Gaya yang diberikan sebesar 1300 N. Untuk proses mesh merupakan pembagian titik-titik dimana akan terdapat ukuran yang dapat diatur sesuai yang diinginkan. Semakin kecil ukuran dari mesh, maka hasil analisanya semakin mendekati kebenaran dan begitupun sebaliknya. Pada perancangan turbin angin ini untuk ukuran mesh yaitu 173 mm. Bentuk untuk mesh pada benda seperti jaring-jaring yang melingkupi semua bagian yang ada pada benda. Setelah mesh sudah bisa dilakukan, maka proses running sudah dapat dilakukan apabila data yang di input kan sudah benar.

Hasil Yang Diperoleh:
                Untuk hasil dari simulasi diantaranya adalah stress von mises, displacement, strain dan safety factor. Stress analisys ini akan menunjukkan bagian mana yang terkena pembebanan paling besar dan terkecil. Daerah tersebut akan ditandai dengan perbedaan warna yang terlihat pada benda. Terdapat kisaran warna yang sudah
didetailkan pada sisi samping benda. Jadi bagian warna tersebut terdapat nilai-nilai yang nantinya akan terbaca pada hasil simulasi.
                Dari hasil running turbin angin yang sudah dilakukan dapat diketahui beberapa hasil untuk stress von mises sebesar 10,583,224.00 N/m2 , displacement sebesar 7.781 mm, strain maksimal yaitu sebesar 3.84126, dan safety factor minimal yaitu sebesar 23.62. 


Video alat-alat kimia dapat di lihat di link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=vhOpIrUjdw0

0 Response to "Perancangan Konstruksi Turbin Angin di Atas Hybrid Energi Gelombang Laut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel