-->

Good Goverment




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Sejak adanya gerakan reformasi tahun 1998, paradigma yang berkembang dalam administrasi publik adalah tuntutan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya. Tuntutan akan pelayanan yang lebih baik dan memuaskan kepada publik menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah penyelenggara pelayanan publik.
            Pada setiap pembaruan dan perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka menuju terwujudnya pemerintahan yang demokratis guna terwujudnya sistem pemerintahan yang lebih baik (good governance). Salah satu ciri good governance adalah transparansi yang dibangun atas dasar arus informasi yang bebas, dimana seluruh proses pemerintahan dan informasinya dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan. Untuk kepentingan transparansi informasi sebagaimana dimaksud, diperlukan sarana komunikasi yang menjamin kelancaran informasi antara pemerintah dengan masyarakat dan dunia usaha, dan tentunya komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta antar pemerintah daerah.
            Menyadari betapa pentingnya arti mewujudkan kepemerintahan yang baik, maka aparatur negara dituntut harus mampu meningkatkan kinerja. Sasaran yang menjadi prioritas adalah mewujudkan pelayanan masyarakat yang efisien dan berkualitas, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, dalam hal ini diperlukan perhatian pemerintah untuk melakukan perubahan-perubahan secara signifikan.
            Salah satu upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik adalah mempercepat proses kerja serta modernisasi administrasi melalui otomatisasi di bidang administrasi perkantoran, modernisasi penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat melalui e-government sebagai salah satu aplikasi dari teknologi informasi.



1.2 Rumusan Masalah
  • pengertian good government?
  • Bagaimana penerapan good government di Indonesia?
  • Faktor penyebab tidak terwujudnya Good government?
  • Peranan penting untuk mencapai good government
1.3 Tujuan
  •  Untuk mengetahui pengertian dari good government
  • Untuk mengetahui penerapan good government di Indonesia
  • Paham atas apa saja penyebab tidak terwujudnya good government
  • Siapa saja yg berperan penting dalam menggapai good government














BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Good Government
            Good government adalah pemerintah yang baik dan benar. Baik dan benar di sini tentu saja meliputi berbagai bidang dan tidak mengacu pada satu bidang tertentu. Good government juga merupakan seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus (pengelola perusahaan), pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan intern dan ekstern lainnya yang berkaitan dengan hak-hak atau kewajiban mereka, atau dengan kata lain suatu system yang mengatur dan mengendalikan perusahaan.
            2.2 Penerapan Good Government di Indonesia
            Nagara yang telah mencapai predikat Good Government maka negara tersebut sudah dapat dikatakan Negara maju karena di negara yang maju terdapat rakyat yang makmur, pemerintah yang mampu memimpin dengan baik dan benar. Sedangkan negara yang dalam proses menuju Good government adalah Negara berkembang karna terdapat sebagian rakyat yang sudah makmur tetapi tidak sedikit pula yang hidupnya masih menderita pemerintah yang sebagian memenuhin kewajiban, melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, Walaupun ada juga wakil rakyat yang melakukan hal-hal yang buruk, ada juga Negara yang masih jauh dikatakan bahwa negara terebut adalah Good government yaitu negara miskin. Negara dimana masih sangat banyak rakyat yang menderita pemerintah yang enggan melakukan kewajibannya dan lebih mementingkan diri sendiri untuk memperkaya diri dengan mengambil uang rakyat (korupsi).
            Namun alasan mengapa negara Indonesia belum menjadi good goverment. Bukannya tidak bisa atau tidak mampu mencapai pemerintahan yang baik dan benar namun tidak adanya niat dan tidak adanya kemauan dari berbagai pihak terutama dari pihak pemerintah itu sendiri karena pemerintah adalah posisi yang paling banyak mendapatkan keuntungan walaupun terdapat kerugiannya juga. Namun seakan 'mereka' seperti tutup mata dan tutup telinga dengan keadaan sekitar.
Keadaan seperti ini tidak boleh didiamkan begitu saja dan tidak boleh berkelanjutan, dengan segera haruslah dihapuskan karena dampak buruknya akan sangat terasa bagi kelangsungan hidup para penerus bangsa ini.
2.3 Faktor Tidak Terwujudnya Good Government
 Salah satu persoalan pemerintah sekarang ini adalah persoalan komunikasi politik. Pemerintah seolah hanya sibuk mempertahankan citranya, tanpa mau berbagi kesan dan tanggung-jawab dengan parpol lainnya. Entah karena kelak ingin menang sendiri atau karena memang tidak ingin terganggu oleh parpol lainnya, kita melihat pemerintah dan partai pendukungnya, hal inilah yang sanggup membuat good goverment menjadi bad goverment.
 Permasalahan pemerintah yang kurang baik dan benar adalah Kurangnya komunikasi antara pemerintah dengan rakyatnya, sehingga sering menimbulkan masalah masalah baru yang tak kunjung terselesaikan bahkan Lembaga-lembaga hukum negara lebih membela pemerintah walaupun semua bukti terruju pada pemerintah itu sendiri dan memojokan rakyat. Hal ini menunjukan bahwa INDONESIA belum memiliki Good Goverment.
2.4 Peranan penting untuk mencapai Good Government
Peranan penting dalam menggapai suatu sistem pemerintahan yang baik dan benar (good government) bukan hanya dari pihak pemerintah saja yang harus merubah kebiasaan buruk untuk menjadi negara yang memiliki good goverment melainkan rakyat juga harus ikut serta. Peran rakyat disini juga tidak kalah pentingnya. Rakyat dapat melakukan hal-hal yang benar dengan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia dengan cara membayar pajak tepat waktu, menggunakan fasilitas umum selayaknya, senang menggunakan produk dalam negeri, lebih pintar membaca situasi kondisi dan keadaan politik, mebuka diri dengan hal-hal yang baru.








BAB III
KESIMPULAN
·         Good government adalah pemerintah yang baik dan benar. Baik dan benar di sini tentu saja meliputi berbagai bidang dan tidak mengacu pada satu bidang tertentu.
·         Korupsi juga salah satu masalah yang menyebabkan tidak terciptanya good government, dikarenakan korupsi adalah tindakan  yang merugikan publik ( masyarakat banyak), tindakan seperti ini adalah contoh yang nyata bahwa pemerintahan telah gagal dalam memimpin negaranya ditambah lagi jika pemerintahan khususnya badan penegak hukum tidak dapat menyelesaikan kasus ini secara tuntas atau bahkan sekesannya ingin membela tersangka (koruptor).
·         Rakyat merupakan salah satu peran penting terciptanya satu tatanan pemerintahan yang baik dan benar, rakyat dapat melakukan hal-hal yang benar dengan menaati perturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia dengan cara membayar pajak tepat waktu, menggunakan fasilitas umum selayaknya, senang menggunakan produk dalam negri, lebih pintar membaca situasi kondisi dan keadaan politik membuka diri dengan hal-hal yang baru.

















DAFTAR PUSTAKA


0 Response to "Good Goverment"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel