-->

Alat Header Manyfold


Alat Header Manyfold
Manyfold adalah sekumpulan valve yang dideretkan untuk mengatur aliran masuk ke header dan separator yang dikehendaki. Setiap sumur memiliki tekanan yang berbeda-beda sehingga perlu pemisahan berdasarkan tekanan supaya tidak terjadi aliran sumur yang bertekanan tinggi masuk ke aliran sumur yang bertekanan rendah. Pemisahan berdasarkan tekanan tersebut dilakukan dengan alat yang bernama manyfold. Di dalam header manyfold juga dilengkapi alat pressure gauge untuk mengetahui tekanan aliran fluida. Terdapat beberapa system manyfold yaitu:
a.       Individual Well Flowline
Biasanya system ini dijumpai pada lapangan minyak dan gas yang kecil. System ini flowline tiap-tiap sumur langsung dihubungkan dengan lapangan pengumpul melalui test manifold dan production header. System ini lebih simple karena well testing dapat dilakukan dari titik sentral.
b.       Satellite Production Manyfold
Sistem ini dijumpai pada lapangan minyak dan gas yang luas. Pada sistem ini, flowline yang cukup pendek dari tiap sumur dihubungkan ke stasiun pengumpul dengan pipa yang lebih besar biasa disebut production lateral dan juga dihubungkan dengan test line. Hal ini ditujukan untuk menghindari pressure drop yang besar.
Video alat-alat kimia dapat di lihat di link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=vhOpIrUjdw0
Gambar Header Manyfold di PT. Pertamina EP Asset 1 Field Rantau
Bagian-bagian dari flow line yang berada di Manifold,terdiri dari bagian yang mempunyai penghubung dengan Flensa (flange). Katup-katup yang di pakai untuk Manifold juga terdiri atas katup-katup yang mempunyai hubungan flange.
Hal tersebut di atas di maksudkan agar penggantian bagian flow line yang bocor/rusak, mudah di laksanakan dengan cepat dan tanpa harus melakukan pengelasan di tempat tersebut. Bocoran-bocoran yang terjadi di flange,katup dan lainnya harus segera di perbaiki.

0 Response to "Alat Header Manyfold"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel